@phdthesis{digilib60818, title = {EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS II SL TP ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN : 2003/2004}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 98454032 Syubhan Annur}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. MURTONO, M. Si}, keywords = {Efektifitas, Metode, Quantum Teaching, Pembelajaran.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60818/}, abstract = {Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SLTP Islam AI?Mukmin Ngruki Surakara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektifitas penerapan metode quantum teaching terhadap proses pembelajaran fisika siswa ke las I I tahun ajaran 2003/2004. Populasi dalam penelitian ini selurnh siswa kelas 2 semester I Y SLTP Islam Al?Mukmin Ngruki, sebagai sampel penelitian diarnbil empat kelas dari sepuluh kelas yang ada. Data dikumpulkan dengan menggunakan test yaitu pre-tes dan pos-tes yang diberikan kepada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji nonnalitas,\_yang. diperoleh nilai chi square 41, 123 dan nilai si6rnifikansi sebesar 0,000 untu.lcpre-test eksperimen, 34,982dan nilai signifikansi O,OOOuntuk pos-test eksperhnen, se1ia 18,750 dan nilai signifikansi sebsesar 0,005 dan nilai signifikansi 0,005 untuk pre-test kontrol, 24,036dan signifikansi sebesar 0,002 yang diperoleh dari kedua kelompok penditian. Selanjuttiya data diambil dengan menggunakan uji-z yang diperoleh kelompok eksperimen {\ensuremath{>}} kelompok kontrol ( 17,017 {\ensuremath{>}} l 0,357), didapat perbandingan selisih nilai pre-test dan pos-test sebesar 0,04. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada peerbedaan clan cukup signifikan dengan menggunakan metode quantinn teaching terhadap proses pembelajaran fisika di kelas II SLTP Islam AI-Mukmin semester 1 Y jika .di bandingkan dengan menggunakan metode sebagaimana biasa. Maka metode quantum teaching ini perlu dipertimbangkan dalam upaya peningkatan prestasi bela\_iar fisika di kelas.} }