%0 Thesis %9 Skripsi %A MARISA ULFA INAYATI, NiM : 00450267 %B fAKULTAS TARBIYAH %D 2005 %F digilib:60821 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K KANDUNGAN PROSES, SAINS BUKU AJAR SAINS BIOLOGI MTs KELAS I,,KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA (MTs) DIMAGELANG %P 127 %T KANDUNGAN PROSES SAINS BUKU AJAR SAINS BIOLOGI MTs KELAS I DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA (MTs) DIMAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60821/ %X Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui apakah proses sains yang dikembangkan dalam buku ajar biologi MTs kelas I telah sesuai dengan tingkat perkernbangan mental siswa MTs kalas I. Populasi penelitian ini adalah buku ajar biologi yang digunakan oleh guruf:, lUTU biologi di Madrasah-madrasah Tsanawiyah di Magelang sebagai sumber belajar wajib atau yang direkomendasikan guru/kepala madrasah dalam kegiatan belajar mengajar bagi siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan sistem undian dan didapat tiga buah buku ajar yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga, Yudhistira dan Tiga Serangkai. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi buku ajar sains biologi MTs kelas I. Pengurnpulan data dimulai dengan menandai kalimat setiap halaman buku yang berupa kalimat perintah yang menunjukkan adanya pelibatan proses sains. Teknik analisis menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang besamya kandungan proses sains di dalam buku ajar sains biologi MTs kelas I. Teknik ini juga dipakai untuk mengetahui apakah proses sains yang terkandung dalam buku tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses sains yang ttrkandung dalam buku ajar biologi MTs kelas I dalam kategori cukup. 2) Proses sains yang paling banyak dikembangkan dalam buku ajar sains biologi MTs kelas I adalah proses sains yang termasuk dalam kemampuan berfikir fase operasional konlrrit. 3) Proses sains yang paling sedikit dikembangkan dalam buku ajar sains biologi MTs kelas I adalah proses sains yang terrnasuk dalam kemampuan berfikir fase operasional formal. 4) Proses sains yang dikembangkan dalam buku ajar biologi MTs kelas I sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa MTs kelas I. %Z Pernbirnbing: Drs. Pai di M. Si