eprintid: 60834 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/08/34 datestamp: 2023-10-05 08:33:29 lastmod: 2023-10-05 08:33:29 status_changed: 2023-10-05 08:33:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Hana Awaliyah, NIM.: 18104020055 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DENGAN TERJEMAH ARAB-PEGON PADA MAHASISWA SUNDA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran nahwu sharaf, terjemah Arab pegon, Mahasiswa sunda note: Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag. abstract: Nahwu dan sharaf merupakan elemen terpenting dalam mempelajari Bahasa Arab, karena kedua ilmu tersebut sebagai dasar untuk mempelajari kitab-kitab yang lain. Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah adalah Pondok Pesantren yang santrinya mayoritas mahasiswa dari berbagai daerah dengan bahasa yang berbeda-beda, salah satunya dari daerah Jawa Barat yang menggunakan bahasa sunda, para santri tersebut cukup mengalami kesulitan memahami pembelajaran karena di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah para Ustaz menggunakan Bahasa Jawa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui kesulitan dalam pembelajaran nahwu sharaf dengan terjemah arab-pegon di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah, (2) Untuk mengetahui strategi implementasi pembelajaran nahwu sharaf dengan terjemah arab-pegon di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah, (3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran nahwu sharaf mahasiswa sunda dengan terjemah arab-pegon di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di kelas Imrithi Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, dengan subjek penelitian Ustaz dan santri kelas Imrithi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Mahasiswa sunda mengalami kesulitan dalam pembelajaran nahwu sharaf dengan terjemah arab-pegon dikarenakan beberapa alasan di antaranya yaitu: pebedaan bahasa, materi baru yang belum dipelajari sebelumnya, dasar untuk mempelajari materi-materi yang lain. (2) Strategi implementasi pembelajaran nahwu sharaf yang dilakukan oleh Ustaz atau guru di kelas Imrithi menggunakan beberapa metode yaitu: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode sorogan, metode hafalan, dan metode bandongan. (3) Hasil dari penelitian tentang pembelajaran nahwu sharaf mahasiswa sunda dengan terjemah arab pegon yaitu rata-rata nilai yang diperoleh Khususnya santri sunda yaitu 67,5. Dengan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa santri sunda mengalami kesulitan dalam mempelajari nahwu sharaf dengan terjemah arab-pegon karena nilai rata-rata yang diperoleh santri sunda masih di bawah standar KKM (Kriteria ketuntasan minimal) kelas yaitu 73,20. date: 2023-08-03 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hana Awaliyah, NIM.: 18104020055 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DENGAN TERJEMAH ARAB-PEGON PADA MAHASISWA SUNDA DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60834/1/18104020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60834/2/18104020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf