eprintid: 60836 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/08/36 datestamp: 2023-10-05 02:06:33 lastmod: 2023-11-28 02:41:01 status_changed: 2023-10-05 02:06:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RM. Bomo Wijaya, NIM. 98473759 title: PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah) ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pdk divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pengembangan kurikulum fiqih, Madrasah Tsanawiyah note: Pembimbing : Drs. Ahmad Arifi M.Ag. abstract: Dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran Fiqih, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penyempumaan dan pengembangan kurikulumnya. Peningkatan mutu pembelajaran Fiqih mencakup perubahan pada pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, penentuan pola dan strategi penilaian, dan pengelolaan kurikulum yang dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil merupakan beberapa indikator keberhasilan pengembangan kurikulum. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum fiqih pada Madrasah Tsanawiyah harus memperhatikan komponen-komponen pengembangan kurikulum secara umum. Kurikulum Fiqih 1994 menjadi acuan lebih lanjut dalam pengembangan kurikulum fiqih. Dan dalam Pengernbangan Kurikulum setidaknya memuat empat hal yaitu: Kurikulum dan Hasil Belajar, Penilaian Berbasis Kelas, Kegiatan Pembelajaran, dan Pengelolaan Kurikulum Berbasis Madrasah. Pengelolaan pengembangan kurikulum fiqih sendiri menggunakan prinsip Kesatuan dalam Kebijakan dan Keberagaman dalam Pelaksanaan sesuai dengan kondisi madrasah dan daerah. Komponen yang harus dikembangkan dalam pengembangan kurikulum Fiqih Madrasah Tsanawiyah dapat dipetakan menjadi empat hal, yaitu: tujuan, materi atau isi, metode dan evaluasi. Dalam hal materi fiqih seyogyanya mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan, bukan sebaliknya. Dan materi pelajaran fiqih, harus mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu materi. fiqih tidak boleh berdiri sendiri terlepas dari tujuannya. Begitu juga metode, idealnya merupakan suatu cara yang terarah yang dikerjakan oleh pendidik (guru) dalam rangka kemestian­kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan peserta didiknya dan suasana alam sekitamya dengan tujuan menolong peserta didiknya untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki date: 2004 date_type: published pages: 94 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RM. Bomo Wijaya, NIM. 98473759 (2004) PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60836/1/98473759_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60836/2/98473759_BAB%20II_BAB%20III.pdf