%0 Thesis %9 Skripsi %A Af’idati Hanifah, NIM: 18104030069 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:60860 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pola Asuh, Orang tua, Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. %P 112 %T POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD KHOTIDJAH KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60860/ %X Penelitian ini di latar belakangi oleh orang tua yang terlalu fokus dengan kecerdasan intelektual anak sehingga kecerdasan yang lain tidak dikembangkan secara maksimal terutama kecerdasan interpersonal anak. hal ini ditandai dengan masih terdapat anak usia 4-5 tahun yang sulit berkomunikasi dengan orang lain, kurang percaya diri dan sulit berbaur dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) mendiskripsikan pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di PAUD Khotdijah Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen, 2.) mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di PAUD Khotidjah Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian orang tua, guru, dan anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan kemudian di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1.) Orang tua di PAUD Khotidjah menerapkan tiga macam pola asuh yaitu pola asuh demokratis, pola asuh prmisif, dan pola asuh otoriter. Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak dengan memberikan ruang pada anak untuk berdiskusi secara terbuka dengan anak, mengajak anak dalam kegiatan sosial, memberikan afirmasi positif pada anak saat mengalami kegagalan atau kesedihan. Orang tua yang menerapkan pola asuh permisif mengembangkan kecerdasan interpersonal anak dengan cara membairkan anak bebas bereksplorasi serta mengajak anak untuk berdiskusi sambil bermain. Orang tua menerapkan yang pola asuh otoriter dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan memberikan batasan waktu agar anak terlatih disiplin dan membiarkan anak eksplor dengan dunianya sendiri. 2.) faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh demokratis yaitu tingkat pendidikan orang tua, dan status ekonomi, faktor yang mempengaruhi pola asuh otoriter yaitu latar belakang pola pengasuhan orang tua, faktor yang-faktor yang mempengaruhi pola asuh permisif yaitu status ekonomi dan pekerjaan orang tua %Z Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd.