%0 Thesis %9 Skripsi %A Mila Hermawati, NIM: 18104080050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:60861 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Blok Dienes, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika %P 216 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MURID KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60861/ %X Media pembelajaran merupakan faktor yang dominan. Penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi saat belajar jika tidak menggunakan media yang menarik, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep matematika karena tidak menggunakan media yang tepat. Sehingga hasil pembelajaran menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasi dari alur permasalahan diatas ada beberapa rekomendasi alternatif tindakan yang dianggap efektif agar siswa mampu melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan. Alternatif pertama membelajarkan siswa menggunakan alat peraga Blok Dienes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media Blok Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan yang berjumlah 25 siswa kelas IA dan 25 siswa kelas IB. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar, lembar aktivitas murid, dan angket respon murid. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Blok Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 < 0,05 yang artinya %Z Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.