eprintid: 6088 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/60/88 datestamp: 2013-02-18 09:51:09 lastmod: 2017-04-05 08:59:00 status_changed: 2012-05-04 16:49:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZUNUL HISYAM - NIM. 06420048 , title: LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Menghapal , Lagu note: Pembimbing: Drs.H. Ahmad Rodli, M.Pd. abstract: Metode menghafal merupakan salah satu metode yang diterapkan oleh pesantren al-Luqmaniyah dalam mempelajari kaidah bahasa Arab baik berupa nahwu dan sharaf. Kitab-kitab kaidah bahasa Arab yang dipilih oleh pihak pengelola berupa kitab yang berisi bait-bait nazam seperti kitab imriti dan alfiyah. Dalam menghafal nazam berbahasa Arab dari kitab-kitab tersebut seorang ustaz menggunakan teknik lagu sebagai salah satu cara dan solusi untuk memudahkan santri dalam menghafal fal nazam. Skripsi ini membahas hubungan antara penggunaan lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah Yogyakarta dan juga ekfektifitas dari penggunaan metode lagu tersebut dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk aplikasi metode menghafal dengan lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah serta untuk mengetahui efektifitas lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab yang berlangsung di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datadata penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengasuh pondok pesantren al-Luqmaniyah, ustaz kaidah bahasa Arab, para pengurus serta santri Pondok Pesantren al-Luqmaniyyah menjadi sumber data dalam penelitian ini. Proses pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah berjalan secara rutin pada jam 19.30 wib sampai 22.00 wib. Sebelum dimulainya proses pembelajaran para santri yang telah datang terlebih dahulu menaz}amkan beberapa materi kaidah bahasa Arab dengan lagu sambil menunggu kedatangan ustaz dan santri lain. Waktu yang digunakan dalam melagukan nazam tersebut kurang lebih adalah lima menit. Ustaz kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah biasanya memulai proses pembelajaran dengan nazaman terlebih dahulu. Pembelajaran kaidah bahasa Arab dengan lagu ini berjalan secara efektif. Keefektifan metode ini di tunjukkan dengan a) santri mampu menghafal naz}am kaidah bahasa Arab lewat lagu dengan baik, b) santri mampu memahami apa yang telah dihafalkan dengan baik, c) santri mampu menerapkan teori yang didapatkan dalam sebuah teks bahasa Arab. date: 2011-06-24 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-24 12:01:19 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--zunulhisya-6087-1-zunulhi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--zunulhisya-6087-1-zunulhi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6730 ; nama file lama : ZUNUL HISYAM - NIM. 06420048 LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1710346 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ZUNUL HISYAM - NIM. 06420048 , (2011) LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6088/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6088/2/BAB%20II%2C%20III.pdf