@phdthesis{digilib60886, title = {STRA TEGI PEMBELAJARAN AKHLAK PADA REMAJA DALAM KELUARGA DAN SEKOLAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 99414228 Sonin}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Suwadi, M.Ag}, keywords = {Strategi pembelajaran , akhlak pada remaja, keluarga dan sekolah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60886/}, abstract = {Penelitian ini memakai pisau analisa teori pembelajaran. Pertama, pembelajaran sebagai alat control dalam mencapai tujuan pendidikan. Kedua, pembelajaran sebagai proses dalam membelajarkan anak didik agar berilmu pengetahuan berketerampilan dan bersikap ( berakhlak karimah ). Ketiga, pembeiajaran sebagai norma dalam menetapkan kriteria keberhasilan kegiatan bejalar mengajar akhlak. Teori pembelajaran di atas penulis gunakan sebagai pisau analisa dalam membentuk konsep strategi pembelajaran akhlak pada remaja dalam keluarga dan sekolah. Hasil dari penelitian penulis, pembentukan konsep strategi itu hendaknya mengacu pada empat hal fundamental, yaitu: pertama, identifikasi tujuan pembelajaran akhlak mencakup spesifikasi sasaran baik ranah kognitif, afek'tif maupun psikomotorik. Kedua, menentukan pendekatan yang sesuai dengan kejiwaan anak remaja, sosial budaya, sistem nilai yang dianut dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi. Ketiga, menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran akhlak dan keempat, melakukan evaluasi dengan mengacu pada rumusan masalah tujuan pembelajaran. Selanjutnya dalam penerapan strategi pembelajaran akhlak pada remaja dalam keluarga dan sekolah disyaratkan bagi para pendidik selain mengetahui konsep strategi pembelajaran juga seyogianya mampu memproyeksikan penerapan strategi tersebut dan mampu mengarahkan remaja kepada tujuan yang jelas, pendekatan yang sesuai dengan kejiwaan, budaya dan sistem nilai yang dianut, mempunyai altematif-altematif dalam menentukan prosedur atau teknik pembelajaran, serta mampu mengevaluasi proses pembelajaran.} }