%0 Thesis %9 Skripsi %A Febri Adi, NIM. 99414244 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2004 %F digilib:60887 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi pembelajarn PAI, MAN II Yogyakarta %P 111 %T STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN A GAMA ISLAM DI MAN YOGYAKARTA II %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60887/ %X Strategi Pembelajaran PAI yang dilaksanakan di MAN Y ogyakarta II terdiri dari bidang studi: Akidah Akhlak, Fiqih, al-Qur'an Hadits mencakup pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah: pendekatan pengalaman, ernosional, rasional, fungsional, historis, humanis, sosialis. Metode pembelajarannya adalah: metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan/resetasi, audio visual, bermain peran, pembiasaan, dan keteladanan. Teknik-teknik yan digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Y ogyakarta II mempunyai tiga tahapan yakni: (1) Tahap persiapan adalah tahapan yang digunakan guru untuk memberikan ingatan kembali kepada siswa tentang materi yang lalu dan menjelaskan hubungannya dengan meteri yan akan dipelajarai, (2) Tahap pelaksanaan adalah tahapan yang digunakan untuk menjelaskan materi pelajaran sesuai denan kurikulum yan telah ditetapkan dan pada tahapan inilah terjadi komunikatif antara guru dan siswa, (3) Tahap penilaian adalah tahapan yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima materi yang telah disampaikan. %Z Pembimbing : Drs. Sutrisno, M.Ag