eprintid: 60891 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/08/91 datestamp: 2023-10-09 01:46:29 lastmod: 2023-10-09 01:46:29 status_changed: 2023-10-09 01:46:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Mohammad Ridwan Maulana, NIM: 19104010068 title: PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Talking stick, Tingkat Pemahaman, Fiqih note: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum. abstract: Permasalahan pada penelitian adalah metode yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih kurang bervariasi, sehingga membuat peserta didik jenuh dalam mengikuti pembelajaran serta sulit memahami materi Fiqih serta berakibat pada kurang maksimalnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Maka diperlukan metode yang mampu menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Roudlotul Muttaqin Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design dengan menggunakan 2 sampel sebagai kelas kontrol (metode kovensional) dan kelas eksperimen (metode talking stick). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen soal tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U Test. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil tingkat pemahaman peserta didik pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,19 dan kelas eksperimen sebesar 73,89. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan: Terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Roudlotul Muttaqin Kalasan Sleman. Dibuktikan dengan hasil analisis data tingkat pemahaman peserta didik diperoleh nilai sig. 0,000 < α (0,05). date: 2023-06-26 date_type: published pages: 106 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mohammad Ridwan Maulana, NIM: 19104010068 (2023) PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60891/1/19104010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60891/2/19104010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf