eprintid: 60909 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/09/09 datestamp: 2023-10-06 05:44:02 lastmod: 2023-10-06 05:44:02 status_changed: 2023-10-06 05:44:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: lis Munasifah, NIM. 9941 4304 title: KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITOH NGADIREJO TEMANGGUNG ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kreativitas guru, pengembangan pembelajaran PAI, TK Masyitoh Ngadirejo note: Pembimbing : Drs. H. Sardjuli abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran P A1 serta kreativitas guru dalam pengembangan pembelajaran PA1 di TK Masyitoh Ngadirejo Temanggung. Hasil penelitian ini di harapkan dapat dimanfaatkan bagi pelaksanaan pembelajaran P A1 di TK Masyitoh Ngadirejo sehingga dapat meningkatkan mutu proses pernbelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengarnbil latar TK Masyitoh Ngadirejo Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: mereduksi data, melaksanakan unitisasi dan menafsirkan data menjadi kesimpulan yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1 ). Pelaksanaan pembelajaran PAI di TK Masyitoh Ngadirejo meliputi: fz!/ucm, yaitu membentuk manusia berakhlak mulia, maleri, meliputi pendidikan keimanan, ketaqwaan dan akhlaqul karimah yang dilaksanakan me1a1ui empat jalur kegiatan yaitu jalur kegiatan rutin, jalur kegiatan khusus, jalur kegiatan terintegrasi dan jalur kegiatan situasi keagamaan, metode, yang digunakan yaitu: story by picture, BCM, demonstrasi, karyawisata /rekreat{l learning, media yang digunakan yaitu: gambar-gambar dinding, gambar untuk pennainan, dan gambar untuk diwamai, evaluasi, dilakukan dengan pengamatan, pernberian tugas dan tes lisan atau praktek. (2). Kreativitas guru dalam pengembangan pembe1ajaran PAI meliputi: a). Kreativitas da1am langkah-langkah pembelajaran yaitu: pada tahap pendahuluan kreasi dengan melakukan Jee Breaker baik tepuk-tepuk, teka-teki maupun nyanyian, pada tahap inti kreasi ditunjukkan pada saat menyajikan materi, intonasi, nada, volume, kecepatan dan menarik perhatian anak, pada tahap penutup kreasi ditunjukkan dalam mengulang kembali materi dengan teka-teki secara kompetitif, pennainan dan nyanyian, b). Kreativitas dalam mengembangkan komponen pembelajaran PAI rnelipufr tujuan guru memadukan antara tujuan pembelajaran PAI dengan tujuan pembelajaran umum, materi yaitu guru memihh tema dan memadukan yang sesuai dengan pembelajaran PAI dan kcmampuan yang ingin dicapai, metode yaitu guru mengkombinasikan beberapa metode yang sesuai serta mendukung pencapaian tujuan, media yaitu guru memanfaatkan media dengan mengutamakan unsur menarik dan praktis serta mudah dipahami o1eh anak, evaluosi yaitu guru mencatat setiap perkembangan anak dengan kode-kode rahasia yang ditafsirkan dalam buku silaturahim dan buku laporan akhir. date: 2005 date_type: published pages: 135 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: lis Munasifah, NIM. 9941 4304 (2005) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITOH NGADIREJO TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60909/1/99414304_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60909/2/99414304_BAB%20II_BAB%20III.pdf