%A NIM.: 19104020034 Zaim Fikri Rabbani %O Pembimbing: DR. M. JAFAR SHODIQ S.Pd.I, M.S.I %T PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PINTAR BELAJAR BAHASA ARAB EVODEV BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023 %X Pembelajaran bahasa Arab di sekolah seringkali hanya menggunakan metode dan media pembelajaran konvensional dan jarang menggunakan media lain sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Pintar Belajar Bahasa Arab Evodev berbasis Android terhadap hasil belajar kelas tujuh pada mata pelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Bantul dan mengetahui kendala yang dihadapi pada saat menggunakan aplikasi Pintar Belajar Bahasa Arab Evodev dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2023. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MTsN 2 Bantul kelas VII yang terdiri dari 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII E yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dengan cara memilih item-item yang representatif dari keseluruhan materi kurikulum bahasa Arab kelas VII dan diperiksa oleh validator ahli dan validitas konstruk (construct validity) dengan mengujikan instrumen tes kepada siswa kelas VII sebanyak 32 siswa selain dari sampel penelitian. Uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan nilai 0,704. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kolmogorof-smirnov, uji homogenitas menggunakan rumus levene statistic dan analisis data menggunakan uji-t varian sama. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Hasil belajar dengan tiga ranah kognitif yaitu berupa pengetahuan, pemahaman dan analisis setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional pada kelompok kontrol dan menggunakan aplikasi bahasa Arab pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai kelompok kontrol 47,81 dan kelompok eksperimen 53,75. Hasil Analisa uji t untuk kedua kelompok adalah t.hitung>t.tabel (2,079>1,999), maka dapat diketahui terdapat pengaruh penggunaan aplikasi belajar bahasa Arab Evodev terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs N 2 Bantul. 2) Kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi dalam pembelajaran adalah : 1) Terdapat peserta didik yang belum menginstal aplikasi; 2) Aplikasi belajar bahasa belum sepenuhnya membantu proses pembelajaran bahasa Arab khususnya di dalam materi mendengarkan (istimâ’) dan percakapan (ḥiwâr); 3) Kurangnya kesadaran dan motivasi peserta didik untuk belajar bahasa Arab dan belajar di luar jam pelajaran sekolah. %K Aplikasi, Android, Hasil belajar, Bahasa Arab %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60912