%A NIM. 99414442 Wakhid Ansori %O Pembimbing : Drs. Ahmad Miftah Baidlowi, M.Pd %T STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANT ARA SISW A PROGRAM FULL DAY SCHOOL DENGAN SEBELUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA %X Ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa program full day scool dengan sebelum program full day school di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta. Perbedaan tersebut ditunjukkan pada peningkatan indikator pemahaman materi pendidikan agama Islam (PAI) berupa peningkatan nilai raport siswa ( aspek kognitif), maupun aspek afektif dan aspek psikomotorik. Secara umum pelaksanaan sistem kegiatan belajar mengajar program full day school yang diterapkan di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Y ogyakarta dapat dikategorikan cukup baik, dari segi program pendidikan maupun kompetensinya terhadap pendidikan agama. Kelemahan dan kekurangan pelaksanaan sistem kegiatan belajar mengaJar program full day school yang diterapkan di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Y ogyakarta adalah keterbatasan sumber daya tenaga pengajar dan keterbatasan sarana penunjang proses pendidikan. Dalam pelaksanannya sistem ini juga masih menimbulkan ekses. Ekses yang timbul adalah pada penurunan kondisi fisik dialami anak didik ( siswa) yang mengakibatkan beban psikologis pada anak didik (siswa). %K Studi komparasi, prestasi belajar pendidikan agama Islam, SD Muhammadiyah Pakel program plus %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60923