TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. ID - digilib6094 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6094/ A1 - YUNI CHASANAH, NIM. 08410260-E Y1 - 2011/06/24/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa MI YAPPI Ringintumpang Semoyo Patuk Gunungkidul, serta mengetahui usaha yang dilakukan sekolah untuk pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Adapun subjek penelitian adalah guru akidah akhlak dan siswa di MI YAPPI Ringintumpang Semoyo Patuk Gunungkidul yang terdiri dari dua guru. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di MI YAPPI Ringintumpang Semoyo Patuk Gunungkidul dilakukan dengan sangat baik. Guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya pembinaan akhlak siswa dalam setiap kesempatan baik di dalam kelas melalui materi akidah akhlak pada saat pelajaran akidah akhlak maupun di luar kelas seperti dengan memberikan contoh perbuatan atau kebiasaan yang mencerminkan akhlak yang baik maupun dengan memberikan teguran dan nasehat serta sangsi kepada siswa yang melakukan pelanggaran. Adapun usaha yang dilakukan sekolah untuk pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan memberikan materi pembelajaran akidah akhlak yang meliputi akhlak kepada Allah, orangtua, teman dan lingkungan. Selain itu usaha pembinaan akhlak siswa juga dilakukan dengan melalui pembinaan akhlak oleh guru melalui orang tua siswa, pembinaan oleh guru melalui kerjasama dengan lingkungan siswa tinggal serta melalui pembinaan langsung kepada siswa terutama ketika siswa melakukan hal-hal yang tidak baik atau tidak terpuji. Namun demikian, pada kenyataannya pembinaan melalui orang tua dan kerjasama dengan lingkungan siswa tinggal belum atau tidak berjalan. Usaha lainnya dilakukan dengan pemberian contoh atau tauladan sikap dan perbuatan akhlakul karimah kepada siswa khususnya di lingkungan sekolah. div PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembinaan Akhlak KW - Peranan Guru M1 - skripsi TI - PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA MI YAPPI RINGINTUMPANG SEMOYO PATUK GUNUNGKIDUL AV - restricted ER -