eprintid: 60963 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/09/63 datestamp: 2023-10-09 06:17:32 lastmod: 2023-10-09 06:17:32 status_changed: 2023-10-09 06:17:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: : Pujiyanto, NIM. 9941 4537 title: PROGRAM PENDlDIKAN LUAR SEKOLAH MATERI PENDlDlKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN BUDHI BHAKTI KABUPATEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Program pendidikan luar sekolah, materi pendidikan agama Islam, Panti asuhan Budhi Bhakti Gunungkidul note: Pembimbing : Drs.Radino, M.Ag abstract: Program pendidikan luar sekolah materi pendidikan agama Islam di Panti Asuhan Budhi Bhak.ii dilaksanakan dengan model pengajian-pengajian, adapun proses penyampaian materinya adalah: dengan model kegiatan klasikal, kelompok dan individu. Klasikal dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sifatnya ingatan, kegiatan kelompok dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sifatnya fektif dan kegiata individu/mandiri dipergunakan untuk memberi kesempatan kepada anak didik untuk mengembangkan kemampuan psikomotorik secara optimal dengan bimbingan dan pengawasan guru. Ketiga model pengajaran tersebut dilaksanakan dengan metode yang berlainan di sesuaikan dengan materi dan tujuan yang ingin dicapai. Model-model tersebut di atas adalah model penyampain materi pendidikan agama · Islam yang meliputi: keimanan, shalat wajib dan tandatanda kekuasaan Allah. Kegiatan pendidikan agama Islam tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu ba' da shalat isya' .Sedangkan model penyampaian materi yang dilaksanakan setiap hari Sabtu ba' da shalat isya' adalah: a. Tadarus al-Qur'an Anak-anak asuh membaca ayat-ayat al-Qur'an yang ditentukan secara bersamaan, sedangkan pengaJar mendengarkan dan memperhatikan/mengevaluasi bacaannya. Setelah selesai tadarus pengajar memberi penjelasan tentang panjang pendek bacaan atau penjelasan yang lain kaitannya dengan bacaan tersebut. b. lndividu/mandiri Kegiatan individu/mandiri ini digunakan untuk menyampaikan materi iqro'. Tetapi karena kurangnya tenaga pengajar dalam pengajaran iqro' maka anak asuh yang masih iqro' dititipkan ke TP A sebelah timur Panti Asuhan Budhi Bhakti yang kebetulan pengajarnya sama dengan pengajar di Panti Asuhan Budhi Bhakti. Di TP A tersebut model pengajarannya dengan perindividu. Y aitu anak didik berhadapan langsung dengan pengajar (Uztadz) dan membaca iqro' sedangkan pengajar memperhatikan dan membetulkanjika ada yang bacaan yang salah. c. Menghafal Menghafal ini dipergunakan untuk menyampaikan materi do' a sehari-hari dan surat-surat pendek. Materi ini disampaikan setelah selesai tadarus alQur' an, date: 2004 date_type: published pages: 112 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: : Pujiyanto, NIM. 9941 4537 (2004) PROGRAM PENDlDIKAN LUAR SEKOLAH MATERI PENDlDlKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN BUDHI BHAKTI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60963/1/99414537_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60963/2/99414537_BAB%20II_III.pdf