eprintid: 60963
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 111
dir: disk0/00/06/09/63
datestamp: 2023-10-09 06:17:32
lastmod: 2023-10-09 06:17:32
status_changed: 2023-10-09 06:17:32
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: : Pujiyanto, NIM. 9941 4537
title: PROGRAM PENDlDIKAN LUAR SEKOLAH MATERI PENDlDlKAN AGAMA ISLAM
DI PANTI ASUHAN BUDHI BHAKTI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Program pendidikan luar sekolah,  materi pendidikan agama Islam, 
Panti asuhan Budhi Bhakti Gunungkidul
note: Pembimbing : Drs.Radino, M.Ag
abstract: Program pendidikan luar sekolah materi pendidikan agama Islam di
Panti Asuhan Budhi Bhak.ii dilaksanakan dengan model pengajian-pengajian, adapun proses penyampaian materinya adalah: dengan model kegiatan klasikal, kelompok dan individu. Klasikal dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sifatnya ingatan, kegiatan kelompok dipergunakan untuk mencapai tujuan yang sifatnya fektif dan kegiata individu/mandiri dipergunakan untuk memberi kesempatan kepada anak didik untuk mengembangkan kemampuan psikomotorik secara optimal dengan bimbingan dan pengawasan guru. Ketiga model pengajaran tersebut dilaksanakan dengan metode yang berlainan di sesuaikan dengan materi dan tujuan yang ingin dicapai. Model-model tersebut di atas adalah model penyampain materi pendidikan agama · Islam yang meliputi: keimanan, shalat wajib dan tanda­tanda kekuasaan Allah. Kegiatan pendidikan agama Islam tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu ba' da shalat isya' .Sedangkan model penyampaian materi yang dilaksanakan setiap hari Sabtu ba' da shalat isya' adalah: a.	Tadarus al-Qur'an
Anak-anak asuh membaca ayat-ayat al-Qur'an yang ditentukan secara bersamaan, sedangkan pengaJar mendengarkan dan memperhatikan/mengevaluasi bacaannya. Setelah selesai tadarus pengajar memberi penjelasan tentang panjang pendek bacaan atau penjelasan yang lain kaitannya dengan bacaan tersebut.
b.	lndividu/mandiri
Kegiatan individu/mandiri ini digunakan untuk menyampaikan materi iqro'. Tetapi karena kurangnya tenaga pengajar dalam pengajaran iqro' maka anak asuh yang masih iqro' dititipkan ke TP A sebelah timur Panti Asuhan Budhi Bhakti yang kebetulan pengajarnya sama dengan pengajar di Panti Asuhan Budhi Bhakti. Di TP A tersebut model pengajarannya dengan perindividu. Y aitu anak didik berhadapan langsung dengan pengajar (Uztadz) dan membaca iqro' sedangkan pengajar memperhatikan dan membetulkanjika ada yang bacaan yang salah.
c.	Menghafal
Menghafal ini dipergunakan untuk menyampaikan materi do' a sehari-hari dan surat-surat pendek. Materi ini disampaikan setelah selesai tadarus al­Qur' an,
date: 2004
date_type: published
pages: 112
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: Fakultas  Tarbiyah dan Keguruan
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   : Pujiyanto, NIM. 9941 4537  (2004) PROGRAM PENDlDIKAN LUAR SEKOLAH MATERI PENDlDlKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN BUDHI BHAKTI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60963/1/99414537_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60963/2/99414537_BAB%20II_III.pdf