%0 Thesis %9 Skripsi %A Eny Rahmawati, NIM.: 19107020041 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2023 %F digilib:60967 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media sosial, Instagram, Interaksi Sosial, Solidaritas Sosial %P 181 %T PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PADA KOMUNITAS NARASI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60967/ %X Setiap anggota Komunitas Narasi Yogyakarta memiliki akun Instagram yang digunakan untuk berinteraksi dengan sesama anggota. Melalui Instagram mereka bebas melakukan apapun yang berkenaan dengan dirinya maupun anggota lainnya. Pola interaksi yang intens antar anggota Komunitas Narasi Yogyakarta di media sosial Instagram dapat membentuk suatu keakraban dan rasa kepedulian sehingga dapat mempererat solidaritas sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial Instagram terhadap solidaritas sosial pada Komunitas Narasi Yogyakarta. Teori yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisa penelitian ini adalah teori solidaritas sosial Emile Durkheim. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui pesan Whatsapp dan Instagram dalam bentuk google form kepada 143 responden. Metode analisis yang digunakan yakni uji regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa pertama, indikator intensitas penggunaan media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial komunitas sebesar 23,9%. Kedua, indikator urgensi dalam penggunaan media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial yang dimiliki anggota komunitas sebesar 39,2%. Ketiga, indikator dampak dalam variabel interaksi antar anggota dalam menggunakan media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial sebesar 40,0%. Keempat, indikator respon dalam variabel interaksi antar anggota dalam menggunakan media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial pada komunitas sebesar 55,2%. Kelima penggunaan media sosial Instagram dan interaksi antar anggota dalam menggunakan media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial pada komunitas memperoleh nilai signifikansi 0,651 pada variabel penggunaan media sosial dan 0,000 pada variabel interaksi antar anggota dalam menggunakan media sosial Instagram, artinya hipotesis alternatif yang diajukan ditolak. Bahwa jika diuji secara simultan hanya variabel interaksi antar anggota komunitas dalam menggunaan media sosial Instagram yang memiliki pengaruh pada solidaritas sosial yang dimiliki anggota komunitas. Sedangkan variabel penggunaan media sosial Instagram tidak begitu memiliki pengaruh terhadap solidaritas sosial pada komunitas. %Z Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos, M.A