%A NIM.: 99424330 YUNI FATMAWATI %O Pembimbing: Drs. H. Muallif Syahlani, M.Pd. %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN BERBAHASA ARAB SISWI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) BANAT NU KUDUS %X Setelah menganalisa data mengenai efek1:ivitas metode hukuman dalam meningkatkan disiplin siswi MAK Banat NU Kudus, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Untuk mewujudkan siswi yang memiliki kemampuan berbahasa asmg, terutama bahasa Arab, baik secara ak1:if maupun pasif, MAK Banat NU Kudus mencanangkan program "Gerakan Disiplin Berbahasa", yaitu suatu program yang mewajibkan setiap siswi untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing ( bahasa Arab dan Inggris) dalam aktivitas seharihari di lingkungan asrama MAK Banat NU Kudus seseuai jadwal yang telah ditetapkan disertai pemberian sanksi atau hukuman bagi siswi yang melanggar ketentuan tersebut. 2. Adapun substansi dari tata tertib program "Gerakan Disi[plin Berbahasa" adalah sebagai berikut : a. Setiap siswi diwajibkan berbahasa asing, dengan ketentuan: • J umat - Senin : B. Arab • Selasa - Kamis : B. Inggris b. Setiap siswi diwajibkan mengikuti kegiatan pembinaan bahasa (Muhadatsah dan Conversation). %K prestasi siswa; berbahasa; kedisiplinan siswa %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib60978