%A UMI KHOLIDAH - NIM. 07410004 %O Pembimbing: Dra.Hj. Sri Sumarni, M.Pd. %T PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini berlatarbelakang bahwa dalam dunia pendidikan saat ini masih dianggap kurang berhasil dalam mengembangkan karakter peserta didik. Hal itu karena disekolah anak hanya sekitar tujuh sampai sepuluh jam saja, hal ini membuat mereka lebih banyak di lingkungan informal, baik dikeluarga maupun masyarakat, hal ini menggerakkan MAN Wonosari membuat gebrakan baru, yaitu dengan mengadakan program Boarding School yaitu sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter para peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang dikembangkan dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari Gunungkidul. (2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi strategis dan implementasi praktis pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Etnografi (Sosial Budaya), karena penelitian bermaksud untuk mendeskripsikan suatu model dari pendidikan yang dilakukan oleh subyek penelitian. Yang terdiri dari peserta didik, guru, kegiatan sekolah dan seluruh aktifitas Boarding School. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, wawancara mendalam, penyelidikan sejarah hidup, pengamatan terlibat, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari ini meliputi (a)Cinta Tuhan dan kebenaran, (b)Tanggung jawab, (c)Kedisiplinan, (d)Kemandirian, (e)Jujur dan terpercaya amanah, (f)Hormat dan santun-tata krama, (g)Kasih sayang-kekeluargaan, (h)Kepedulian dan kerjasama, (i)keadilan dan kepemimpinan, (j)Kebersihan, (k)kesehatan, (l)kerapian-berhias. (2)Implementasi strategis pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari. Tujuan dilaksanakan program Boarding School berupa penanaman nilai karakter secara mendalam, menciptakan keadaan lingkungan nyaman dan menyenangkan. Sedangkan implementasi praktisnya berupa keadaan yang terjadi di Boarding School MAN Wonosari, diantaranya adalah dengan adanya sikap keteladanan yang dicontohkan oleh para pembimbing Boarding School kepada peserta didiknya dengan jalan melakukan shalat berjamaah, berdoa bersama, diajarkan tentang kejujuran di setiap kesempatan dan lainnya. %K Sistem Boarding School %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6098