eprintid: 6098 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/60/98 datestamp: 2013-03-18 09:24:47 lastmod: 2013-03-18 09:26:18 status_changed: 2012-05-04 16:49:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI KHOLIDAH - NIM. 07410004 , title: PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Sistem Boarding School note: Pembimbing: Dra.Hj. Sri Sumarni, M.Pd. abstract: Penelitian ini berlatarbelakang bahwa dalam dunia pendidikan saat ini masih dianggap kurang berhasil dalam mengembangkan karakter peserta didik. Hal itu karena disekolah anak hanya sekitar tujuh sampai sepuluh jam saja, hal ini membuat mereka lebih banyak di lingkungan informal, baik dikeluarga maupun masyarakat, hal ini menggerakkan MAN Wonosari membuat gebrakan baru, yaitu dengan mengadakan program Boarding School yaitu sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter para peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang dikembangkan dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari Gunungkidul. (2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi strategis dan implementasi praktis pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Etnografi (Sosial Budaya), karena penelitian bermaksud untuk mendeskripsikan suatu model dari pendidikan yang dilakukan oleh subyek penelitian. Yang terdiri dari peserta didik, guru, kegiatan sekolah dan seluruh aktifitas Boarding School. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, wawancara mendalam, penyelidikan sejarah hidup, pengamatan terlibat, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari ini meliputi (a)Cinta Tuhan dan kebenaran, (b)Tanggung jawab, (c)Kedisiplinan, (d)Kemandirian, (e)Jujur dan terpercaya amanah, (f)Hormat dan santun-tata krama, (g)Kasih sayang-kekeluargaan, (h)Kepedulian dan kerjasama, (i)keadilan dan kepemimpinan, (j)Kebersihan, (k)kesehatan, (l)kerapian-berhias. (2)Implementasi strategis pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MAN Wonosari. Tujuan dilaksanakan program Boarding School berupa penanaman nilai karakter secara mendalam, menciptakan keadaan lingkungan nyaman dan menyenangkan. Sedangkan implementasi praktisnya berupa keadaan yang terjadi di Boarding School MAN Wonosari, diantaranya adalah dengan adanya sikap keteladanan yang dicontohkan oleh para pembimbing Boarding School kepada peserta didiknya dengan jalan melakukan shalat berjamaah, berdoa bersama, diajarkan tentang kejujuran di setiap kesempatan dan lainnya. date: 2011-06-24 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-24 15:02:42 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--umikholida-6097-1-umikhol-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--umikholida-6097-1-umikhol-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6740 ; nama file lama : UMI KHOLIDAH - NIM. 07410004 PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2060269 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: UMI KHOLIDAH - NIM. 07410004 , (2011) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/11/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/12/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/13/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/14/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6098/18/small.jpg