eprintid: 60987 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/06/09/87 datestamp: 2023-10-10 08:15:44 lastmod: 2025-01-22 03:47:46 status_changed: 2023-10-10 08:15:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Hanifah Ridho Syuwari, NIM : 20104050024 title: PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: learning media; educational games; critical thinking; work and energy. note: Ari Cahya Mawardi, M.Pd. abstract: Usaha dan energi merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami siswa karena berhubungan dengan konsep lainnya. Pada materi usaha dan energi, siswa sulit untuk menyelesaikan soal, menganalisis persamaan, memberikan dan mempertimbangkan sebuah kesimpulan mengenai usaha dan energi. Selain itu, terdapat keterbatasan media pembelajaran dalam hal memudahkan siswa memahami materi usaha dan energi terutama yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu memahami materi usaha dan energi dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik, mengetahui kualitas. mengetahui respon siswa. dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP/MTs yang menggunakan game edukasi berbasis android pada materi usaha dan energi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model 4D dari Thiagarajan dengan melibatkan 60 siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen untuk ahli, instrumen untuk guru dan instrumen untuk siswa. Analisis data yang digunakan yaitu validasi V Aiken’s, rerata dan N-Gain. Hasil penelitian adalah telah dikembangkannya media pembelajaran berupa game edukasi dengan nama GEDUSI (Game Edukasi Usaha dan Energi) yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis, Kualitas game edukasi usaha yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Respon siswa setuju sebagai media pembelajaran yang praktis dan menyenangkan. Game edukasi yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. date: 2024-12-10 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hanifah Ridho Syuwari, NIM : 20104050024 (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60987/1/20104050024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60987/2/20104050024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf