eprintid: 60988 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/09/88 datestamp: 2023-10-09 08:07:35 lastmod: 2023-10-09 08:07:35 status_changed: 2023-10-09 08:07:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Jazuli, NIM.: 00410317 title: PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI ispublished: pub subjects: P subjects: s_piaud divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pendidikan moral; kepribadian anak; akhlak. note: Pembimbing: Mahmud Arif, M.Ag abstract: Penelitian ini berawal dari kegelisahaan penyusun melihat fenomena kehidupan modern yang berdampak negatif pada perilaku anak didik dan belum diimbangi oleh pendidikan moral sampai menyentuh aspek afektif dan psikomotorik khususnya dalam pengembangan kesadaran moral anak. Untuk itu peran pendidikan moral diperlukan. Penyusun mencoba mengkaji ulang karya al Mawardi yang selama ini masih belum banyak diperhatikan, yaitu Adab al Dunya wa al Din. Keunikan dari pemikiran pendidikan al Mawardi dalam kitab tersebut sebagian besar dilaksanakan melalui- pengalarnan mengajarnya. Berangkat dari realitas tersebut maka penyusun merumuskan masalah bagaimana peran pendidikan moral al Mawardi dan relevansinya pada pendidikan masa kini. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pendidikan moral bagi anak dilihat dari pandangan al Mawardi dan untuk mengctahui relevansinya dengan pendidikan sekarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumentasi baik sumber primer maupun sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode retlektif dan analisis hermeunetik, dengan langkah-langkah sebagai berikut: mendeskripsikan, menerjemahkan, dan menginterpretasikan dengan pendidikan moral lain. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidikan moral al Mawardi adalah 1). memahami kesadaran moral anak sesuai tingkat perkembangannya rnelalui pembentukan kebiasaan yang baik dan moral baik (akhlaq al karimah) serta introspeksi diri yang sating berkesinambungan demi kemuliaan jiwa.2) agar terbentuk kepribadian yang utuh dalam berperilaku dan bersikap pada diri anak. Sedangkan relevansi pendidikan moral al Mawardi dapat dilihat dari pendidikan moral dan peran pendidikan moral, di mana pendidikan moral al Mawardi mengarah pada integritas antara aka! dan wahyu dalam mengembangkan sistem penalaran berpikir melalui metodologi yang benar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari serta mewujudkan dasar pendidikan demokrasi. Adapun relevansi peran pendidikan al Mawardi terfokus pada tujuan pendidikan yang mengembangkan potensi pada anak didik baik intern maupun ekstern demi memenuhi aspek kognitit: afektif, dan psikimotorik, serta memenuhi kompetensi dasar berupa kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Di samping itu, memahami pendidikan moral tanpa melupakan faktor hidayah sebagai penentu dalam mewujudkan keberhasilan membentuk kepribadian yang utuh. date: 2005-04-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Jazuli, NIM.: 00410317 (2005) PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60988/1/00410317_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60988/2/00410317_BAB%20II_BAB%20IV.pdf