eprintid: 61013 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/10/13 datestamp: 2023-11-01 08:11:15 lastmod: 2023-11-01 08:11:15 status_changed: 2023-11-01 08:11:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Irma Nur Azizah, NIM.: 16410075 title: PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA ispublished: pub subjects: kar_ subjects: sb_Asuh divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kepribadian, Pola Asuh, Kepribadian Anak note: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran lingkungan dalam pembentukan kepribadian anak. Terlebih bagi anak yang sudah dititipkan di LKSA dari kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengasuh, faktor pendukung dan penghambat, dan implikasi peran pengasuh terhadap pembentukan kepribadian anak di LKSA Nurul Haq Madania Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah ketua LKSA, pengasuh, anak dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahwa peran pengasuh dalam pembentukan kepribadian anak di Lembaga Kesejateraan Sosial Anak Nurul Haq Madania sudah melaksanakan peranya sebagai guru, mubaligh, manager, orang tua, motivator, teladan, penasehat dan pelatih dengan baik melalui kegiatan yang diselenggarakan,2) Bahwa faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan kepribadian adalah faktor pendukung (keluarga di LKSA, donatur yang memberikan tenaga/waktu/jasa, fasilitas yang mendukung dalam pembentukan kepribadian anak seperti dengan adanya ruang konseling, layanan pendidikan, program senyum, peningkatan kompetensi pengasuh, kegiatan monitoring evaluasi, dan kegiatan yang menunjang pembentukan kepribadian anak) dan faktor pengambat (naluri anak, keluarga inti yang kurang merangkul, dan masyarakat yang masih memandang sebalah mata), 3) Bahwa implikasi peran pengasuh terhadap pembentukan kepribadian anak di Lembaga Kesejateraan Sosial Anak Nurul Haq Madania sudah cukup baik terbukti bahwa anak asuh mampu memberikan jawaban yang positif dengan indikator sebagai berikut: a) Mampu menilai diri secara realistik, b) Mampu menilai situasi secara realistik, c) Mampu menilai keberhasilan dan kegagalan dalam hidupnya dengan baik, d) Individu bertanggung jawab dan yakin atas kemampuan yang ia miliki dalam management conflic, e) Memiliki kemandirian dalam berpikir, bertindak mengambil keputusan, mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan aturan yang ada di lingkungannya, f) Pribadi yang baik mampu mengolah emosi berdasarkan apa yang dialaminya, g) Individu yang sehat kepribadianya adalah yang memiliki tujuan yang ingin dicapainya, h) Individu yang berorientasi keluar, i) Individu yang berkepribadian baik adalah ia yang mau menjalin relasi sosial dengan sesama, j) Individu yang mampu mengarahkan dirinya sendiri berdasarkan keyakinan agama yang dianutnya, k) Individu yang sehat adalah ia yang hidup diwarnai dengan kebahagiaan yang didukung oleh faktor pencapaian prestasi, penerimaan orang lain terhadapnya. date: 2023-06-06 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Irma Nur Azizah, NIM.: 16410075 (2023) PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61013/1/16410075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61013/2/16410075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf