%0 Thesis %9 Skripsi %A Indah Aniq Kumala, NIM.: 16600082 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Hasil Belajar, Matematika, Kecemasan Belajar, Kemandirian Belajar %P 86 %T PENGARUH KECEMASAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61024/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa (2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) Mengetahui pengaruh kecemasan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa secara bersama- sama. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3, pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan teknik pengambilan sample dilakukan secara cluster random sampling, Instrument yang digunakan berupa skor Penilaian Akhir Semester (PAS)untuk hasil belajar serta berupa skala untuk kecemasan matematika, dimana skala masing- masing variable sudah di validasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) tidak terdapat pengaruh antara kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA; 2) tidak terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA; 3) tidak terdapat pengaruh antara kecemasan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. %Z Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd