TY - THES N1 - Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd. ID - digilib61026 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61026/ A1 - Sintia Devi Nur?aini, NIM.: 16600088 Y1 - 2023/08/15/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema Pythagoras yang memenuhi kategori valid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: Planning, Production, and Evaluation. Subjek uji coba produk untuk penilaian modul pembelajaran terdiri dari dua ahli. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata penilaian ahli pada uji kevalidan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap planning menghasilkan hasil analisis kebutuhan dan analisis kurikulum yang digunakan sebagai dasar pengembangan modul ajar. 2) Pada tahap production diperoleh pengembangan modul ajar dan intrumen penilaian modul ajar. 3) Hasil tahap evaluation yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 127,5 dan persentase keidealan sebesar 86,15% dengan kategori penilaian ahli yang diperoleh ?sangat baik?. Dari hasil tersebut diperoleh produk pengembangan berupa modul ajar kurikulum merdeka berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Modul Ajar Kurikulum Merdeka KW - Kemampuan Pemecahan Masalah KW - Problem Based Learning M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS AV - restricted EP - 164 ER -