%0 Thesis %9 Skripsi %A Rohmatu Ma’rifah, NIM.: 16680014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61029 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K E-Booklet, Etnobotani, Pewarna Alami, Sumber Belajar %P 102 %T PENGEMBANGAN E-BOOKLET ETNOBOTANI PEWARNA ALAMI BATIK GIRILOYO SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61029/ %X Penelitian pengembangan e-booklet etnobotani ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kualitas dan respon siswa terhadap e-booklet etnobotani pewarna alami batik Giriloyo. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian etnobotani pewarna alami batik. Penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk menggali data etnobotani dan metode jelajah untuk menggali data jenis tumbuhan. Hasil penelitian terdapat tujuh tumbuhan yang digunakan sebagai bahan pewarna alami yaitu indigofera (Indigofera tinctoria L), jati (Tectona grandis L.f.), kangkung sawah (Ipomoea aquatica), mahoni (Swietenia macrophylla King.), mangga (Mangifera indica L), soga (Peltophorum pterocarpum) dan jolawe (Terminalia bellirica). Tahap kedua yaitu penelitian pengembangan e-booklet etnobotani pewarna alami batik dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation adn Evaluation) tanpa tahap implementasi, melainkan hanya sampai uji terbatas produk. Kualitas e-booklet etnobotani pewarna alami batik Giriloyo dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, guru dan 33 siswa SMA N 1 Imogiri. Berdasarkan penilaian tesebut diketahui bahwa e-booklet etnobotani pewarna alami batik Giriloyo sebagai sumber belajar mendapatkan kategori baik. Persentase keidealan dari ahli materi 95,6%, ahli media 95,3%, peer reviewer 90,81%, guru 89,6% dan siswa 75,4%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-booklet etnobotani pewarna alami batik Giriloyo dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siwa pada materi pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari-hari. %Z Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd