%0 Thesis %9 Skripsi %A Yusuf Hidayat, NIM.: 17104020084 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61050 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Transliterasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Bahasa (Maharah) %P 189 %T EFEKTIVITAS METODE TRANSLITERASI DALAM MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS IV SD AL-AMIN “SINAR PUTIH” SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61050/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas IV SD Al-Amin “Sinar Putih” Sewon Bantul dalam menjalani proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam bidang membaca. Serta siswa beranggapan bahwa pelajaran Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dipelajari. Hal ini menjadi hambatan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara maksimal. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen (experimental research) dengan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan kemampuan siswa dalam memahami materi terkait mahārah qirā’ah yang dibuktikan dengan hasil tes yang telah dilakukan siswa baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Uji-t digunakan untuk mengukur efektivitas metode transliterasi sebagai metode yang diterapkan dalam pelajaran Bahasa Arab, khususnya dalam materi yang mencakup pembelajaran mahārah qirā’ah. Berdasarkan nilai yang diraih oleh siswa setelah mengerjakan soal-soal pretest dan posttest, dengan jumlah rata-rata nilai pada kelas eksperimen 44,81 meningkat menjadi 60,37, dan pada kelas kontrol sejumlah 35,18 menjadi 45,36 peneliti menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan mahārah qirā’ah siswa setelah diterapkannya metode transliterasi dalam pembelajarannya. Meskipun kedua kelas mengalami peningkatan, akan tetapi nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan peningkatan kemampuan mahārah qirā’ah siswa yang didasarkan pada uji N-Gain Score sejumlah 0,27 pada kelas eksperimen, dan 0,15 pada kelas kontrol. %Z Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd.