TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. H. Sukiman, S.Ag, M.Pd ID - digilib61060 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61060/ A1 - Hamdika Ainun Rais, NIM.: 18104010052 Y1 - 2023/07/05/ N2 - Pandemi COVID-19 telah merubah hampir seluruh tatanan kehidupan manusia. Pandemi COVID-19 juga telah memberikan tantangan nyata sekaligus kesempatan yang berharga bagi dunia Pendidikan. Sekolah dituntut untuk dapat menyusun program pembelajaran yang efektif dan mampu untuk menjawab tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang diberlakukan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif deskriptif kualitatif dengan model penelitian CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian adalah: 1) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen konteks dapat dikategorikan sangat baik. 2) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen input dikategorikan sangat baik. 3) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen proses dikategorikan kurang. 4) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen produk atau hasil masuk dalam kategori baik. Seacara umum, pelaksanaan program pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dapat dikategorikan baik. Program yang dilaksanakan telah dapat menjadi solusi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran KW - Pandemi COVID-19 KW - Kurikulum M1 - skripsi TI - EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 136 ER -