relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61065/ title: PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK creator: Jainunu Fajariati, NIM.: 18104090047 subject: Covid-19 subject: Manajemen Pendidikan subject: Gaya Kepemimpinan description: Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia menyebabkan kelumpuhan seluruh aspek kehidupan, diantaranya aspek ekonomi, politik, sosial dan pendidikan. Berbagai kebijakan diterbitkan dalam mengantisipasi kemungkinan resiko yang ditimbulkan oleh wabah covid-19. Dalam sektor pendidikan, program pembelajaran daring menjadi solusi agar kegiatan belajara mengajar tetap berjalan. Kebijakan belajar daring dengan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menimbulkan dampak terhadap kegiatan pembelajaran baik bagi guru sebagai pengajar maupun peserta didik pada lembaga pendidikan. Berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh guru menjadikan aktivitas belajar mengajar kurang baik. Oleh sebab itu, diperlukan peran pemimpin yang dapat memotivasi guru di masa pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian untuk meniliti tentang pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru masa PTM (Pembelajaran Tatap Muka). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi sejumlah 26 orang. Menggunakan sampel jenuh untuk pengambilan sampel. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan SPSS Versi 25. Uji validitas menggunakan correlate bivariate dan uji reliabilitas dengan teknik cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) antara variabel kepemimpinan demokratis (X) dengan variabel motivasi kerja (Y) sebesar 0,552 dan tingkat nilai signifikansinya adalah 0,003 < α = 0,05. Selanjutnya, temuan analisis regresi linear sederhana menghasilkan R² = 0,304 yang menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah memiliki pengaruh sebesar 30,4% terhadap motivasi kerja guru masa PTM. Selanjutnya, ditetapkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan rumus regresi Y= 19,715 + 0,332X. Jadi, kesimpulannya ialah semakin tinggi kepemimpinan demokratis kepala sekolah yang diterapkan, maka motivasi kerja guru akan semakin tinggi pada masa pembeajaran tatap muka. date: 2023-07-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61065/1/18104090047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61065/2/18104090047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Jainunu Fajariati, NIM.: 18104090047 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.