%A NIM.: 00410228 Sumisih %O Pembimbing: Prof. Drs. HMS Prodjodikoro %T STUDI TENTANG PENGUASAAN MATERI MEMBACA AL-QUR' AN GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA %X Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) sebagai lembaga Pendidikan keagamaan jalur luar sekolah bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk menguasai pendidikan agama Islam bertanggung jawab terhadap mampu dan tidaknya siswa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Hal ini dikarenakan materi yang diajarkan didalamnya terdiri dari Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih Ibadah, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab yang semua materi yang didalanmya terdapat bacaan Al-Qur'an. Sehingga kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan suatu kebutuhan bagi guru MDA dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses belajar mengajar membaca Al-Qur'an yang dilaksanakan oleh guru Madrasah Diniyah Awaliyah di Kecamatan Jetis 2. Bagaimana penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru Madrasah Diniyah A waliyah di Kecamatan J etis 3. Bagaimana upaya meningkatkan penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru Madrasah Diniyah A waliyah di Kecamatan Jetis Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif yang analisisnya ditekankan pada data-data angka yang diolah dengan metode statistika. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang bersifat diskriptif analisis non statistik dan analisis kuantitatif. Hasil penelian ini adalah 1. Pelaksanaan proses belajar rnengajar Al-Qur'an MDA di Kecarnatan Jetis berjalan dengan baik dan lancar. Guru rnarnpu rnengkoordinasikan sejurnlah kornponen pengajaran (tujuan, rnateri, rnetode I alat dan evaluasi) agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Guru rnelaksanakan tugas belajamya sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalarn lernbaga tersebut. Yakni guru mengelornpokkan siswa berdasarkan jilidnya dan rnenyimak bacaan siswa satu persatu secara bergantian. 2. Adapun penguasaan materi rnernbaca Al-Qur'an guru MDA di Kecamatan etis berdasarkan pada prosentase penguasaan rnateri rnernbaca Al-Qur'an di depan (65%) terrnasuk dalarn kualifikasi cukup. Sebagian besar penguasaan materi guru tentang hafalan surat pendek, huruf hijaiyah dan makhrojnya, hukurn bacaan nun mati dan tanwin, hukurn bacaan mirn rnati, qalqalah, rnacarn waqaf dan rnacarn mad adalah cukup. Meskipun dernikian terdapat sejurnlah guru yang belurn dapat rnengaplikasikan rnateri tersebut dalarn, pernbelajaran rnernbaca Al-Qur'an. Guru kurang rnernperhatikan bacaan tajwid siswa sehingga rnernpcngaruhi kualitas bacaan Al-Qur'an siswa. 3. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan materi membaca AI-Qur'an guru MDA Kecamatan Jetis kurang optimal. Dari upaya yang dilakukan di depanĀ· bermaksud untuk memberi motivasi kepada guru untuk belajar membaca Al-Qur'an dan memperlancar bacaan Al-Qur'an guru. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an guru agar sesuai dengan ilmu tajwid seperti mengikuti seni baca AI-Qur'an di Syuhada' dan di AMM maupun seni baca Al-Qur'an di radio tidak dilaksanakan. %K Waqaf; Mad; kurikulum; guru %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61072