eprintid: 61077 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/10/77 datestamp: 2023-10-10 04:48:45 lastmod: 2023-10-10 04:49:17 status_changed: 2023-10-10 04:48:45 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Listiyani, NIM.: 00410034 title: EFEKTIFITAS KEGIATAN PENDALAMAN KEISLAMAN DI SMP MATARAM BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: guru; siswa; keislaman; peserta didik note: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan efektifitas kegiatan pendalaman keislaman di SMP Mataram Bantu! Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala Tata Usaha, guru agama Islam dan siswa SMP Matararn kelas I dan II, tahun ajaran 2003/2004. Pengambilan sampel dilakukan secara acak ( random sampling). Ukuran pengambilan sampel penulis mengacu kcpada pcdoman Suharsimi Arikunto, yaitu dari 318 siswa diambil 15 %, sehingga jumlah sampelnya 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : I) Kegiatan pendalaman keislaman di SMP Mataram Bantul Yogyakarta dilaksanakan setiap hari Ahad pada pukul 08.00-09 .00WIB. Dalam penyampaian materi guru menggunakan metode bervariasi, yaitu ceramah, tanya jawab dan keteladanan. Metode ini dipergunakan guru untuk menyampaikan materi yang telah diprograrnkan meliputi materi keimanan, akhlak dan ibadah. Materi yang diberikan ini disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu terbentuknya pribadi muslim, pengamalan ajaran agama Islam dan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang belum disampaikan di kelas. Keberhasilan kegiatan ini sangat ditentukan oleh beberapa faktor seperti guru, siswa, metode maupun lingkungan. 2) Jika ditinjau dari efektifitas, kegiatan pendalaman keislaman di SMP Mataram Bantul Yogyakarta sudah efektif. Baik itu efektifitas tugas guru dan siswa, efektifitas rencana atau program, efektifitas tujuan serta efektifitas ketentuan dan aturan. Namun demikian masih ada beberapa ha! yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan terutama mengenai alokasi waktu. date: 2005-03-21 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Listiyani, NIM.: 00410034 (2005) EFEKTIFITAS KEGIATAN PENDALAMAN KEISLAMAN DI SMP MATARAM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61077/1/00410034_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61077/2/00410034_BAB%20III_BAB%20IV.pdf