@phdthesis{digilib61082, month = {July}, title = {PENGARUH METODE QIRO?ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104010003 Nilam Cahyati}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag}, keywords = {Metode Qiro?ati, Kemampuan Membaca, Al-Qur?an}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61082/}, abstract = {Metode qiro?ati adalah suatu metode membaca al-Qur?an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah tajwid. Dalam pengajarannya, metode qiro?ati , guru tidak perlu memberi tuntunan membaca, namun langsung saja dengan bacaan pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode qiro?ati di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat penggunan metode qiro?ati dapat memprediksi kemampuan membaca al-qur?an peserta didik di MI Sultan Agung Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode mixed methods. Jenis penelitian berdasarkan metode yang digunakan oleh dalam hal ini adalah penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas 3 dan kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analsis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur?an dengan metode qiro?ati, Pembelajaran Al-Qur?an dengan metode qiro?ati ini merupakan kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta yang diperuntukkan untuk peserta didik kelas dua sampai kelas empat. Pembelajaran ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis dengan materi membaca buku qiro?ati yang di dalamnya berisi tentang potonganpotongan ayat al-Qur?an. (2) tingkat penggunan metode qiro?ati dapat memprediksi kemampuan membaca al-qur?an peserta didik di MI Sultan Agung Yogyakarta , berdasarkan uji regresi diketahui nilai F Hitung = 38,245 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, maka dapat disimpukan bahwa ada pengaruh terhadap variabel metode qiro?ati (X) terhadap variabel kemampuan membaca al-Qur?an (Y). Kuatnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,443, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel metode qiro?ati (X) terhadap variabel kemampuan membaca al-Qur?an (Y) sebesar 44,3 \%.} }