eprintid: 61084 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/10/84 datestamp: 2023-10-10 06:33:50 lastmod: 2023-10-10 06:33:50 status_changed: 2023-10-10 06:33:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Kusyantoro, NIM.: 00410427 title: KOMPETENSI GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kejujuran; kecerdasan emosi; kedisiplinan siswa; motivai belajar note: Pembimbing: Drs. Sutrisno, M.Ag abstract: Emosi merupakan salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan belajar. Seorang guru harus memiliki kecakapan teknis dan kompetensi yang memadai agar ia bisa melatih kecerdasan emosi siswa. Guru dituntut untuk lebih professional dalam segala hal dalam mendidik siswa. Penekanan guru yang berlebihan pada dimensi kognitif dan dimensi psikomotorik serta merendahkan dimensi afeksi, pada akhirnya menghasilkan kualitas peserta didik yang berat sebelah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa saja masalah-masalah emosi siswa yang dihadapi oleh guru? 2. Bagaimana cara guru melatih kecerdasan emosi siswa? 3. Apa kekurangan-kekurangan dan kelebihan-kelebihan guru dalam melatih kecerdasan emosi siswa? Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan yang sewajamya atau sebagaimana adanya. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Masalah-masalah emosi siswa yang dihadapi guru pada masing-masing jerjang adalah berbeda-beda, sesuai dengan perfa.mbahan usia, tingkat intelektualitas, dan perkembangan pribadi siswa. 2). Nilai-nilai kecerdasan emosi yang dilatihkan guru pada masing-masing jenjang pendidikan kepada siswa, berbeda-beda sesuai dengan masalah emosi yang dominan terjadi. 3). Cara guru melatih kecerdasan emos1 s1swa disesuaikan dengan masalah­ masalah emosi siswa yang sedang dihadapi guru. 4). Kekurangan guru dalam melatih kecerdasan emosi siswa terutama terletak pada penerapan metode pelatihan yang kurang mengindahkan prinsip-prinsip pelatihan kecerdasan emosi. date: 2004-12-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kusyantoro, NIM.: 00410427 (2004) KOMPETENSI GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61084/1/00410427_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61084/2/00410427_BAB%20II_BAB%20IV.pdf