@phdthesis{digilib61086, month = {March}, title = {ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00410094 Eva Farrah Dibba}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Suwadi, S.Ag,M.Ag.}, keywords = {tenaga edukatif; Pendidikan Agama ISlam; siswi; pendidikan kepramukaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61086/}, abstract = {Panelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka serta untuk mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan agama Islam yang menunjang dalam kegiatan pramuka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas II Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 319 siswa. Teknik sampling dilakukan secara acak (random sampling). Sampcl ditentukan sebanyak 30\%, sehingga jumlah sampelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aspek-aspek pendidikan agama Islam yang ada dalam kegiatan pramuka meliputi aspek jasmani, rohani dan aka!. Ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang ada pada bagian tubuh manusia, yaitu: badan, ruh dan akal. 2) Materi pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, meliputi: materi aqidah, ibadah dan akhlaq yang kesemuanya itu merupakan bentuk penanaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap diri siswa. 3) Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan dalam bentuk kegiatan di dalam ataupun di luar sekolah.} }