%0 Thesis %9 Skripsi %A Eva Farrah Dibba, NIM.: 00410094 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:61086 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K tenaga edukatif; Pendidikan Agama ISlam; siswi; pendidikan kepramukaan %T ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61086/ %X Panelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka serta untuk mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan agama Islam yang menunjang dalam kegiatan pramuka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas II Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 319 siswa. Teknik sampling dilakukan secara acak (random sampling). Sampcl ditentukan sebanyak 30%, sehingga jumlah sampelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aspek-aspek pendidikan agama Islam yang ada dalam kegiatan pramuka meliputi aspek jasmani, rohani dan aka!. Ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang ada pada bagian tubuh manusia, yaitu: badan, ruh dan akal. 2) Materi pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, meliputi: materi aqidah, ibadah dan akhlaq yang kesemuanya itu merupakan bentuk penanaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap diri siswa. 3) Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan dalam bentuk kegiatan di dalam ataupun di luar sekolah. %Z Pembimbing: Suwadi, S.Ag,M.Ag.