@phdthesis{digilib61090, title = {FAKTOR KESULITAN BELAJAR PAI BAGI SISWA YANG BERASAL DARI SMP DAN STRATEGI MENGATASINYA DI MAN YOGYAKARTA II}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NM. 9941 4550 Mustofah}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah. AS. M.Si}, keywords = {Kesulitan belajar PAI, bagi siswa yang berasal dari SMP, strategi mengatasinya di MAN Yogyakarta II Kesulitan belajar PAI, bagi siswa yang berasal dari SMP, strategi mengatasinya di MAN Yogyakarta II}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61090/}, abstract = {Siswa kelas I yang berasal dari SMP sebagian besar mengalami kesulitan dalam mcmpelajari bidang studi pendidikan agama Islam ( Al?Qur'an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqh, Bahasa Arab) di MAN Yogyakarta II. 2. Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa kclas I yang berasal dari SMP dalam bidang studi pendidikan agama Islam (PAI) adalah dalam hal materi atau bahan pelajarannya, yaitu dalam mcmbaca dan menulis arab sebagai dalilnya, menghafalkan dalil-dalilnya, memahami dan mengartikannya. Adapun penyebab kesulitan tersebut adalah kurangnya kemampuan siswa mengenai bahasa arab, dengan kata lain para siswa kelas I yang berasal dari SMP di MAN Yogyakarta II bclum mcmiliki kcsiapan yang matang dalam bahasa arab. Usaha yang dilakukan untuk mcngatasi kcsulitan terscbut melalui cara-cara scbagai bcrikut: a Siswa sebagai bcsar mcnanyakan langsung kepada guru, teman, dan mencari di buku Guru bidang studi, memberi dorongan atau motivasi belajar yang giat memberi tugas-tugas di Madrasah maupun diluar Madrasah, misalnya mengadakan kegiatan Jes baca tulis AI-Qur'an, mengadakan kegiatan praktek keagamaan. Pihak Madrasah mengadakan tambahan jam pelajaran, pengadaan buku uku keagamaan, memberi dorongan atau motivasi belajar yang kuat dan mengadakan pengajian-pengajian.} }