%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Mubarrok, NIM.: 0042 0021 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:61096 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K belajar; Madrasah Mu’allimin; pengajaran Bahasa Arab %T BENTUK RESPON SISWA KELAS SATU ALIYAH MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA PELAJARAN BAHASA ARAB %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61096/ %X Kurikulum yang dipakai oleh madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta adalah kurikulum gabungan antara kurikulum nasional dan kurikulum pondok pesantren. kurikulum madrasah Mu'allimin ini, pelajaran bahasa Arab mendapatkan jam pelajaran paling banyak. Masih ditambah dengan kewajiban menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahasa untuk berkomunikasi antar sesama siswa dan para ustadznya. Tuntutan dari setiap sekolah adalah setiap siswanya berprestasi dalam setiap mata pelajaran sehingga tuntutan tersebut semakin membuat siswa merasa bosan dengan keadaan pendidikan yang diselenggarakan oleh madrasah Mu' allimin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Apa bentuk respon positif dan respon negatif siswa kelas satu Aliyah Madarasah Mu'allimin Muhammadiyah Y ogyakarta pada pelajaran Pahasa Arab. 2. Apa faktor-faktor penyebab respon positif dan respon negatif siswa kelas satu Aliyal1 Madrasal1 Mu'allimin Muhaimnadiyah Y ogyakarta pada pelajaran bahasa Arab. Metode analisa data yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah metode analisa data kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Siswa bersemangat dalam belajar Bahasa Arab sebagai bentuk respon positif memiliki faktor penyebab berupa: a. Motivasi kuat yang dimiliki oleh siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka ke Timur Tengah. b. Kesadaran akan pentingnya bahasa Arab dalam pendidikan di Madrasah Mu' allimin. 2. Respon kurang bersemangatnya s1swa dalam belajar Balrnsa Arab disebabkan oleh: a. Kurangnya motivasi belajar Ba._½asa i1,rab. b. Kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya pelajaran Bahasa Arab di Madrasal1 Mu'allimin. c. Lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar Bahasa Arab. 3. Respon tidak bersernangatnya s1swa pada pelajaran Bahasa Arab disebabkan oleh: a. Keadaan jasmani siswa yang tidak stabil (kurang sehat) menyulitkan siswa dalam menerima materi pelajaran. b. Kurang disiplinnya pengaturan waktu oleh siswa itu sendiri. c. Kejenuhan siswa terhadap pelajaran Bahasa Arab dikarenakan metode serta ruang belajar yang tidak variative %Z Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, M.A.