%0 Thesis %9 Skripsi %A Hanif Faturrachim, NIM.: 19104010008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61101 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tasamuh, Toleransi, Metode Storytelling %P 96 %T PENANAMAN NILAI TASAMUH MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SDN KERDONMIRI 1 KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61101/ %X Penelitian ini mengkaji tentang penanaman nilai tasamuh menggunakan metode storytelling. Penelitian ini dilakukan karena terdapat keragaman kepercayaan di Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Dengan adanya keragaman ini jika tidak diimbangi oleh sikap tasamuh atau toleransi maka memungkinkan terjadinya gesekan antar kelompok yang menyebabkan terjadinya perpecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan sumber datanya berasal dari penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini tidak melibatkan generalisasi berdasarkan ukuran-ukuran kuantitatis, melainkan lebih berfokus pada aspek kualitas fenomena yang diamati pada latar ilmiah. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan karakteristikatau fenomena yang ada dalam suatu populasi atau sampel. Penelitian ini berfokus pada pengumpulan data yang terkait dengan variable atau atribut yang ingin dijelaskan secara sistematis. Penanaman nilai tasamuh dilakukan oleh guru SDN Kerdonmiri 1 Kecamatan Rongkop dalam kegiatan sehari-hari seperti pemberian contoh, pendekatan inklusif, komunikasi yang baik dan pemberian amanat dalam upacara. penanaman nilai tasamuh yang dilakukan di sekolah tersebut belum masuk ke dalam pembelajaran, maka peneliti mencoba menggunakan metode baru, yaitu storytelling yang mana hal ini dapat diterapkan kedalam berbagai mata pelajaran tak terkecuali PAI dan Budi Pekerti. Metode storytelling memiliki kecocokan untuk digunakan dalam pendidikan dasar. Secara ilmiah, metode storytelling ini sesuai dengan perkembangan kognitif, psikomotorik, dan afeksi anak. %Z Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum