%A NIM.: 19104010041 Umi Mahdyyah Nabila %O Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A %T PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN ACAK SUSUN TERHADAP PEMAHAMAN MATERI HURUF HIJAIAH DAN HARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS 1 SD NEGERI BERBAH 1 YOGYAKARTA %X Kemampuan baca tulis al-qur’an menjadi hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa beragama Islam karena hal tersebut akan menjadi dasar mereka dalam memahami ajaran Islam pada tahap selanjutnya. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang belum memiliki kemampuan baca tulis al-qur’an dengan baik dan benar. Hal ini juga dirasakan oleh 78% siswa SD Negeri Berbah 1 karena mereka belum memahami huruf hijaiah dan harakat dengan baik dan mendalam. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti menerapkan permaianan acak susun sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk melihat pengaruh permainan tersebut terhadap pemahaman siswa pada materi huruf hijaiah dan harakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen pretest-postest control group design. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pemahaman huruf hijaiah dan harakat. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji dependent sampe t-test dan uji independent sample t-test. Sebelum melakukan uji analisis data, peneliti melakukan uji coba instrumen berupa uji validitas isi menggunakan expert judgement dengan rumus indeks gregory serta uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Berbah 1 yang berjumlah 28 siswa. Subjek tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang mana tiap kelompok berjumlah 14 siswa. Pembagian kelompok tersebut dilakukan secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan acak susun berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang materi huruf hijaiah dan harakat. Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil uji dependent sampe t-test antara nilai pretest dan nilai postest dengan nilai t(13) = -5.396, dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Serta hasil uji independent sample t-test nilai gainscore kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t = 13,571/6,386 = 2,125, df = 26, p = 0,043 (p < 0,05). Dari kedua uji tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel walaupun nilai uji dependent sample t-test bernilai negatif akan tetapi semua nilai p menunjukkan < dari 0,05 dengan begitu hipotesis pada penelitian ini diterima. %K Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Huruf Hijaiah, Harakat %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61112