eprintid: 61116 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/11/16 datestamp: 2023-10-11 03:04:47 lastmod: 2023-10-11 03:04:47 status_changed: 2023-10-11 03:04:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: M. Salman Ghozali, NIM.: 19104010043 title: PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: A subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Penanaman Karakter, Sifat Santun note: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini bahwa dalam pendidikan sering didapati permasalahan rendahnya tingkat sopan santun peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya penanaman karakter santun pada peserta didik. Penanaman karakter tersebut dapat dilaksanakan melalui pembelajaran Akidah Akhlak karena secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi peserta didik untuk mempraktekkan al-akhlak al-karimah dan adab Islami dalam kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Bantul, serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penanaman karakter di MIN 3 Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang berlatar belakang di MIN 3 Bantul, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Akidah Akhlak memuat tiga tujuan utama yaitu aspek akidah, aspek akhlak, serta keteladanan. Dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Bantul masih menggunakan kurikulum 2013. Metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode discovery, tanya jawab, diskusi kelompok, serta metode penugasan. Media yang digunakan yaitu LCD proyektor serta buku-buku yang ada di perpustakaan MIN 3 Bantul. 2) Penanaman karakter santun pada peserta didik kelas III MIN 3 Bantul dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode, antara lain metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, serta disampaikan melalui materi pembelajaran. Karakter santun yang ditanamkan pada peserta didik yaitu santun terhadap diri sendiri, santun terhadap guru dan orang tua, santun terhadap teman, serta santun terhadap lingkungan. date: 2023-08-08 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M. Salman Ghozali, NIM.: 19104010043 (2023) PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61116/1/19104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61116/2/19104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf