TY - THES N1 - Pembimbing : Muqowim, M.Ag ID - digilib61126 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61126/ A1 - Sis Ludianto, NIM. 9941 4575 Y1 - 2006/// N2 - Penelitian ini mencoba untuk mengkaji dan menelaah karakteristik pemikiran pembaharuan Nurcholish Madjid tentang pendidikan Islam dan implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Kategori penelitian ini adalah library-research. karena penelitian ini bersifat kualitatif, maka data yang digunakan adalah :iata yang berupa tulisan, teks atau transkip dengan metode dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermeneutik. Analisa yang digunakan content­analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah karya-karya Nurcholish Madjid dan sumber sekundemya adalah berbagai karya tulis ilmiah yang terkait dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep pembaharuan pendidikan Islam Nurcholish Madjid pada akhimya dapat dijadikan sebagai jernbatan penyeberangan menuju ke arah intelektualisme atau ilmu pengetahuan yang lebih dinamis dan progresif. Sebuah konsep pemikiran yang terupaya mengintegrasikan antara produk-produk penafsiran ulama masa silam dengan konsep-konsep modernitas serta tetap bersumber pada standar nilai al-Qur'an. Konsep pernbaharuan pendidikan Islam yang digagas Nurcholish Madjid, yang berkaitan dengan intelektualisme meliputi tiga hal yaitu sekularisasi (desakralisasi), kebebasan intelektual dan sikap terbuka. Konsep inilah yang menjadi karakteristik tersendiri bagi pemikirannya tentang pembaharuan pendidikan Islam. (2) Konsep pembaharuan pendidikan Islam Nurcholish Madjid tersebut sebenarnya dapat diterapkan dalam kurikulum PAI. Pertama, pengintegrasian antara metode pendidikan tradisional dan modern dengan pola pengajaran modern dapat diimplementasikan dalam metode PAI. Kedua, dari aspek manajerial pembaharuan kelembagaan yang didasarkan pada fundamen institusional seperti bentuk Yayasan, bukan perseorangan dapat diterapkan dalam lembaga PAI. Ketiga, PAI dapat didefinisikan sebagai pusat kebudayaan yang membangkitkan sikap kejiwaan, yang menopang daya cipta, mengasah kepekaan etika religius, menyuburkan semangat kemanusiaan (humanist), saling pengertian clan toleransi. Keempat, tujuan, PAI dapat menggunakan tawaran pemikiran pembaharuan Nurcholish yakni mengembangkan wawasan reformasi guna mewujudkan masyarakat yang adil, terbuka dan demokratis. Kelima, materi PAI harus lebih responsif terhadap kebutuhan tantangan zaman (materi yang kontekstual). Keenam, guru dalam PAI hams mampu mengimplementasikan tawaran paradigma Nurcholish Madjid berupa pemberian kebebasan intelektual kepada anak didik dan sikap terbuka yang harus dipenuhi guru dalam proses belajar mcngajar. Adapun cvaluasi dalarn pandangan Nurcholish Madjid adalah evaluasi yang rnampu menghasilkan kebebasan intelcktual clan sikap terbuka. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi atas Karakteristik Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid dan lmplementasinya dalam Pendidikan Agama Islam) AV - restricted EP - 136 ER -