TY - THES N1 - Pembimbing: Imam Masarum, S.Pd., M.Pd. ID - digilib6113 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6113/ A1 - SURWIYATI - NIM. 08480040-E Y1 - 2011/06/27/ N2 - ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya anak diarahkan untuk terampil dalam komunikasi secara lisan dan tulisan. Salah satu kompetensi berbahasa dan bersastra mata pelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. oleh karena itu, siswa dibimbing untuk bisa mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi secara berkesinambungan untuk mengembangkan kreatifitas dan ide dalam menulis. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode pengajaran yang berguna untuk merangsang kegiatan belajar mengajar siswa dan menarik minat siswa terhadap mata pelajaran yang akan dipelajarinya. Dengan demikian pengggunaan media sangat penting, karena fungsi media dalam proses pembelajaran merupakan penyaji stimulus atau informasi yang berguna juga untuk meningkatkan keserasian penerimaan informasi. Media akan memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan media gambar dalam menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi secara mandiri Siswa Kelas V MIN Ponjong Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap prestasi siswa dalam kemampuan menulis karangan deskripsi Siswa Kelas V MIN Ponjong Gunungkidul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VMIN Ponjong Gunungkidul tahun ajaran 2010-2011 sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan harian jurnal, wawancara, dan dokumentasi yang berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran bahasa Indonesia mengenai karangan deskripsi ini dijelaskan secara baik oleh kolabulator sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat bersama peneliti. Perbandingan sebelum pembelajaran tanpa menggunakan media dengan pembelajaran menggunakan media gambar terdapat perbedaan yang signifikan. Pembelajaran dengan menggunakan media terbukti sangat membantu siswa dalam meningkatkan karangan deskripsi pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Ponjong Gunungkidul. Adanya peningkatan pada penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MIN Ponjong Gunungkidul setelah diadakan penelitian. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Media Gambar KW - Kemampuan Menulis M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MIN PONJONG GUNUNGKIDUL AV - restricted ER -