%A NIM.: 19104010078 Muhamad Abdul Aziz %O Pembimbing: Yuli Kuswandari, S,Pd., M.Hum. %T PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH LITERASI BIG DATA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2022/2023 %X Kemunculan ChatGPT menimbulkan banyak polemik dari berbagai kalangan, tak terkecuali pendidikan. Namun, sisi positif yang menjadi perhatian menarik dari ChatGPT ialah berpeluang menumbuhkan kemandirian belajar. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menggunakan ChatGPT dalam pembelajaran Literasi Big Data. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan ChatGPT dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada mata kuliah Literasi Big Data di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PAI dan dosen pengampu mata kuliah Literasi Big Data. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Proses analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, yaitu data condensation, data display, dan drawing and verifying conclusions. Peneliti juga menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan penumbuhan kemandirian belajar menggunakan aplikasi ChatGPT. ChatGPT berperan untuk mengamplifikasi kesadaran mahasiswa tentang pentingnya belajar. Mahasiswa menggunakan ChatGPT sebagai salah satu strateginya dalam meraih kesuksesan belajar. Pertumbuhan kemandirian belajar terlihat dari beberapa indikator seperti, mandiri, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, percaya diri, dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya. %K ChatGPT, Kemandirian Belajar, Literasi Big Data %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61135