<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang merasa\r\nkesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Setiap siswa memiliki kesulitan serta\r\nkondisi jiwa yang beragam dalam merespon kegiatan menghafal Al-Qur’an\r\nyang didalamnya terdapat berbagai aspek psikologi, Dari berbagai aspek\r\npsikologi, terdapat tiga aspek yang menurut peneliti menarik untuk diteliti,\r\nyaitu motivasi, emosi, dan memori. Motivasi merupakan faktor yang\r\nmemengaruhi keberhasilan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Aspek emosi\r\npenting untuk diketahui agar dapat mengetahui bagaimana kondisi mental siswa\r\nketika dihadapkan dengan kegiatan menghafal Al-Qur’an. Aspek memori erat\r\nkaitannya dengan kegiatan menghafal Al-Qur’an dan masih sedikit penelitian\r\nyang membahas aspek memori dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an. Tujuan\r\npenelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan menghafal Al-\r\nQur’an di MAN 2 Sleman. 2) menganalisis dinamika psikologis siswa dalam\r\nmenghafal Al-Qur’an di MAN 2 Sleman dalam aspek motivasi, emosi dan\r\nmemori.\r\nJenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian\r\nkualitatif dengan pendekatan psikologis. Subjek penelitian adalah siswa kelas\r\n10, guru tahfidz, waka kurikulum dan Kepala Madrasah. Metode yang\r\ndigunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan\r\ndokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan\r\nHuberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik\r\nkesimpulan.\r\nHasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan menghafal Al-\r\nQur’an di MAN 2 Sleman dilaksanakan secara intensif. Lokasi pembelajaran\r\nmata pelajaran tahfidz di MAN 2 Sleman fleksibel. Dalam pelaksanaannya\r\nkegiatan menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Sleman dilasanakan secara\r\nmenyeluruh kepada seluruh siswa dan memiliki target hafalan yang relatif\r\nsedikit tetapi bagi siswa yang tidak dapat mencapai target hfalan terdapat\r\npenyesuaian target hafalan dengan kemampuan siswa. Dalam proses menghafal\r\nsiswa diberi kebebasan dalam menggunakan metode dalam menghafalkan Al-\r\nQur’an, sedangkan penyetoran hafalan dilakukan oleh guru tahfidz di setiap jam\r\nmata pelajaran tahfidz. 2) Pada aspek motivasi ditemukan bahwa motivasi\r\nsiswa dalam menghafal Al-Qur’an mengalami perubahan dari yang awalnya\r\nberupa motivasi eksternal berubah menjadi motivasi internal. Dalam aspek\r\nemosi ditemukan perubahan dari yang awalnya berupa perasaan menolak\r\nberubah menjadi perasaan menerima. Dalam aspek memori ditemukan\r\nperubahan berupa meningkatnya jumlah hafalan siswa yang awalnya sedikit\r\nmenjadi banyak"^^ . "2023-07-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104010082"^^ . "Insaan Syaiful Akbar Saka"^^ . "NIM.: 19104010082 Insaan Syaiful Akbar Saka"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "19104010082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61136 \n\nDINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Motivasi" . . . "Tahfidz al Qur'an" . .