%0 Thesis %9 Skripsi %A Anissa Amalia, NIM.: 19104010083 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61137 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Ajar, Pendekatan Sinektik, Aktivitas Metafora %P 155 %T PENDEKATAN SINEKTIK DALAM PENGAJARAN KONSEP ABSTRAK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS III MI BIMA BHAKTI PERTIWI KALASAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61137/ %X Latar belakang penelitian ini adalah adanya urgensi mengajarkan Akidah Akhlak kepada siswa sejak dini karena merupakan usia yang sangat baik dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia. Namun terdapat kesenjangan antara karakteristik Akidah Akhlak yang bersinggungan erat dengan hal-hal abstrak terhadap kondisi perkembangan siswa secara kognitif. Dalam perkembangan kognitif, siswa kelas III MI berada pada tahap konkret-operasional yang belum dapat berpikir secara abstrak sehingga pada proses belajar siswa mengalami kesulitan dalam mencerna materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memproyeksikan pengajaran konsep abstrak melalui pendekatan Sinektik dengan menggunakan perumpamaan-perumpaan yang sederhana dan menarik dalam pengajarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk Modul ajar Akidah Akhlak dengan menggunakan pendekatan Sinektik pada materi “Mengimani Keberadaan Surga dan Neraka” bagi siswa kelas III di MI Bima Bhakti Pertiwi Kalasan Yogyakarta yang berguna sebagai acuan guru dalam pengajaran konsep abstrak. Dengan penilaian dari kedua ahli (ahli materi dan ahli metode pembelajaran) pada aspek identitas memperoleh rata-rata skor 3,75 (sangat baik). Pada aspek rumusan tujuan dan indikator pembelajaran memperoleh rata-rata skor 3,7 (sangat baik). Pada aspek pemilihan materi memperoleh rata-rata skor 3,75 (sangat baik). Pada aspek pemilihan metode pembelajaran memperoleh rata-rata skor 3,75 (sangat baik). Pada aspek perencanaan kegiatan pembelajaran memperoleh rata-rata skor 3,35 (sangat baik). Pada aspek pemilihan sumber belajar memperoleh rata-rata skor 3,75 (sangat baik). Pada aspek menyusun penilaian memperoleh rata-rata skor 3,5 (sangat baik). Dan pada aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 3,7 (sangat baik). Sedangkan pada hasil uji coba guru terhadap Modul ajar diperoleh rata-rata 3,9 (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa Modul ajar Akidah Akhlak pada materi “Mengimani Keberadaan Surga dan Neraka” dengan menggunakan pendekatan Sinektik yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si