%0 Thesis %9 Skripsi %A Bintang Layyinatul Fuadah, NIM.: 19104010098 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61142 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Budaya Religius, Program Sekolah, Religius %P 133 %T BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH UNGGUL: STUDI DI MTSN 2 MADIUN, JAWA TIMUR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61142/ %X MTsN 2 Madiun merupakan madrasah unggul yang menerapkan program religius secara terstruktur dan dilaksanakan secara konsisten. Program religius yang dilaksanakan di madrasah ini mengacu pada 3 aspek nilai religius yaitu nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan budaya religius yang ada di MTsN 2 Madiun dan menguraikan implementasi budaya religius yang ada di MTsN 2 Madiun. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan penanggung jawab program religius di MTsN 2 Madiun. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Budaya religius yang ada di MTsN 2 Madiun mengacu pada nilai aqidah, ibadah, dan juga akhlak. Nilai akidah diterapkan kepada peserta didik untuk percaya kepada Allah dan diamalkan melalui kegiatan do’a bersama. Nilai Ibadah diterapkan dalam kegiatan jamaah sholat dhuha dan dzuhur. Nilai akhlak di MTsN 2 Madiun diterapkan kepada peserta didik untuk dapat berperilaku baik sesuai norma dan adab dalam agama Islam. Bentuk-bentuk Budaya Religius di Madrasah Unggul studi di MTsN 2 Madiun Jawa Timur yang dilakukan di MTsN 2 Madiun ada dalam 4 kegiatan terstruktur, yaitu do’a pagi, kegiatan jamaah sholat dhuha dan dzuhur, kajian kitab safinatun najah, dan program tahfidz Al-Qur’an. 2). Implementasi nilai dan budaya religius di MTsN 2 Madiun dilakukan secara bertahap yaitu dengan cara pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan dilakukan dengan pembiasaan melaksanakan kegiatan yang telah ter program seperti do’a bersama, jamaaah sholat dhuha dan dzuhur, kemudian adanya pembiasaan dalam bertata krama untuk senantiasa melakukan Senyum, Salam, dan Salim, terakhir pembiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan MTsN 2 Madiun. Kemudian dalam hal peneladanan, guru bertindak sebagai contoh yang selalu ikut serta dalam kegiatan pelaksanaan do’a bersama, sholat berjamaah . %Z Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.