%0 Thesis %9 Skripsi %A Fachra Desyana Rahman, NIM.: 19104010130 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61158 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Motivasi, Menghafalkan Al-Qur’an, Metode 3T+1M (Talqin, Tafahum, Tikrar, + Murojaah). %P 109 %T MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS 5 MELALUI METODE 3T+1M (TALQIN, TAKRIR, TAFAHUM, DAN MUROJA’AH) DI MI SULTAN AGUNG KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61158/ %X Dalam proses menghafal ada berbagai tahapan mulai dari membaca sampai menghafalnya. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an, misalnya: waktu menghafal, tingkat kecerdasan, motivasi, kelancaran membaca Al-Qur’an dan sebagainya. Peneliti tertarik untuk melakukan penerapan metode 3T+1M (Talqin, Tafahum, Tikrar, + Murojaah) agar meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran pada siswa kelas 5 MI Sultan Agung Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Kemampuan menghafal sebelum menerapkan metode 3T+1M (Talqin,Tafahum,Tikrar,Murojaah) 2. Adanya peningkatan motivasi menghafal sesudah menerapkan metode 3T+1M (Talqin,Tafahum,Tikrar,Murojaah). Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertempat di MI Sultan Agung Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan angket/kuisioner. Analisis data menggunakan metode uji korelasi product moment dengan bantuan aplikasi IBM.SPSS.25 yang bertaraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan bahwa motivasi menghafal Al-Quran siswa kelas 5 melalui metode 3T+1M di MI Sultan Agung sebesar 82,88 yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel koefisien korelasi termasuk dalam kriteria sangat baik. %Z Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.