TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag. ID - digilib61162 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61162/ A1 - Ardia Nur Fadhila, NIM.: 19104020028 Y1 - 2023/08/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa MTsN 10 Sleman dalam melafalkan teks Arab sesuai dengan kaidah makh?rijul hur?f, serta masih terbata-bata ketika membaca teks Arab. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan prosedur dan bentuk kesalahan fonologi siswa serta faktor penyebab dan solusi untuk meminimalisasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Objek utama dalam penelitian ini adalah kesalahan fonologi yang dilakukan oleh siswa MTsN 10 Sleman. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas Alpha Crocbach?s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, data reduction, data display, dan conclusion. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam prosedur analisis kesalahan fonologi dalam pembelajaran qira?ah yang meliputi klasifikasi kesalahan, pemilihan korpus bahasa, identifikasi kesalahan, klasifikasi dan penjelasan kesalahan, serta evaluasi kesalahan. Peneliti juga menemukan kesalahan bacaan siswa dari aspek fonologi yaitu kesalahan dalam hal panjang pendeknya vokal, ta sydid dan al yang tidak dibaca, serta pelafalan huruf ( ??) yang dibaca ??), huruf ? ) yang dibaca ??), huruf ??) yang dibaca ( ??), huruf ? ) yang dibaca ??), huruf ??) yang dibaca ??), huruf ??) yang dibaca ? ), pelafalan huruf ? ) yang dibaca ??), huruf ( ??) yang dibaca ( ??), huruf ??) yang dibaca ? ), huruf ??) yang dibaca ??), dan pelafalan huruf ( ??) yang dibaca ??). Faktor penyebab kesalahan berbahasa berasal dari latar belakan g siswa dari SD dan hanya sedikit yang mengikuti TPA, minimnya seman gat belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya dukungan dari pihak keluarga dan kemajuan teknologi yang membuat siswa menjadi malas. Upaya guru untuk meminimalisasi kesalahan tersebut adalah dengan melakukan pendampingan membaca kitab iqra?iqra?, melakukan kontrol secara kontinu, dan pembiasaan mur?ja?ah pagi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Fonetik KW - Analisis Kesalahan KW - Fonologi KW - Qir??ah M1 - skripsi TI - TINJAUAN FONETIK ATAS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRA?AH SISWA DI MTs NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/ 2024 AV - restricted EP - 189 ER -