eprintid: 61163 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/11/63 datestamp: 2023-10-12 01:27:34 lastmod: 2023-10-12 01:27:34 status_changed: 2023-10-12 01:27:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Budi Pratama, NIM.: 19104020004 title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Bahasa Arab, Model Pembelajaran note: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq., S.Pd.I., M.S.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Al-Ma’had An-Nur Ngrukem tahun akademik 2022-2023. Penelitian ini jenis eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B dan C di MI Al-Ma’had An-Nur Ngrukem. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas IV A dan B dengan masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa. Sampel dalam penelitian ini diterapkan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test yang dihitung melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,05 dan kelas kontrol sebesar 64,05 sesuai dengan hasil uji independent sample t-test. Sedangkan berdasarkan hasil uji N-Gain Score dengan hasil kelas eksperimen sebesar 57% masuk kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 23% masuk kategori tidak efektif. Sehingga berdasarkan hasil tersebut model Contextual Teaching and Learning (CTL) berkategori cukup efektif. date: 2023-07-27 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Budi Pratama, NIM.: 19104020004 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61163/1/19104020004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61163/2/19104020004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf