%0 Thesis %9 Skripsi %A Nafira Indar Khoerunisa, NIM.: 19104020014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61165 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran, Media Scrabble, Kosakata Bahasa Arab %P 158 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61165/ %X Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa peserta didik. Penggunaan media yang interaktif, seperti media scrabble dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dan telah terbukti dapat membantu peserta didik dalam penguatan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dan keefektifan media scrabble. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini menggunakan kelas 7A dan 7C dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pre test dan post test, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik parametrik, uji independent sample t test. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media scrabble efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VII. Hal in dapat dibuktikan dengan adanya ketuntasan tujuan pembelajaran kosakata bahasa Arab yang didapatkan oleh peserta didik dari kelas eksperimen. Sebanyak 26 dari 32 peserta didik dari kelas eksperimen mendapatkan nilai di atas KKM dengan perolehan nilai rata-rata 89,66. Hal ini didukung juga dengan adanya hasil analisis menggunakan Uji Independent Sample T Test juga menunjukkan nilai Asymp Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, artinya adanya perbedaan yang signifikan antara perolehan nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. %Z Pembimbing: Dr. Nurhadi, MA.