@phdthesis{digilib61167, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104020016 Banat Su?adini Sabrina}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I.}, keywords = {Media Permainan Wordwall, Mufradat, Media Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61167/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi penguasaan mufradat siswa yang rendah dalam pembelajaran bahasa Arab. Penulis menggunakan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab Wordwall sebagai suatu media pembelajaran alternatif. Media permainan Wordwall ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap penguasaan mufradat bahasa Arab. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment penulis bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik MTs Negeri 2 Bantul kelas VII tahun ajaran 2022/2023. (2) Menganalisis efektivitas penggunaan media permainan Wordwall terhadap penguasaan mufradat peserta didik MTs Negeri 2 Bantul kelas VII tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan mufradat kelas eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest 71,53 dan posttest yaitu menjadi 88 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara nilai pretest 58 dan nilai posttest yaitu 66,7. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Media permainan Wordwall dikatakan efektif dalam pembelajaran mufradat di kelas VII MTs Negeri 2 Bantul. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-t jenis paired sample t-test dengan signifikansi 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai n-gain pada kelas eksperimen sejumlah 58,47 atau 58\%. Maka, sesuai dengan keputusan pada tabel interpretasi nilai n-gain ternormalisasi mengalami peningkatan yang sedang karena 0.30 {\ensuremath{<}} 0.58 {\ensuremath{<}} 0.70. Dengan demikian, media permainan Wordwall dapat digunakan sebagai solusi alternatif yang efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab dalam pembelajaran di MTs Negeri 2 Bantul.} }